10 Tips Bagaimana Melatih Pola Pikir Out Of The Box (Di Luar Kotak)

tips melatih pola pikir out of the box

Pola pikir di luar kotak atau think out of the box adalah adalah pola pikir di luar kebiasaan pada umumnya. Orang yang berpikir di luar kotak selalu mencari jalan keluar dengan cara yang tidak biasa atau anti mainstream.

Dengan berpikir di luar kotak maka kita mungkin akan dapat menciptakan inovasi menakjubkan yang mampu berguna bagi banyak orang.

Kita ambil contoh ide out of the box yaitu Wright bersaudara, berkat ide gilanya yang ingin menerbangkan manusia sehingga sekarang mereka jadi dikenal banyak orang. Pada mulanya mereka dianggap orang gila yang ingin menerbangkan manusia.

Di masa itu orang berpikir bahwa mustahil manusia bisa diterbangkan. Manusia itu berat tidak seperti kapas yang mudah terbang. Namun dengan terus berjuang mencari solusinya, mereka akhirnya membuat alat yang meniru anatomi burung. Alhasil alat yang mereka ciptakan itu akhirnya bisa menerbangkan manusia yang sekarang dikenal dengan pesawat terbang.

Untung saja pada saat itu mereka memiliki pola pikir out of the box. Dengan pola pikir yang demikian akan membuat seseorang menjadi lebih kreatif dan mampu memandang masalah dengan perspektif yang berbeda.

Lain halnya dengan orang-orang yang pola pikirnya in the box atau di dalam kotak. Pola pikir in the box cenderung lebih memilih jadi pengikut, biasa-biasa saja, dan tidak suka yang aneh-aneh. Orang yang termasuk kategori ini tidak pernah berusaha untuk menciptakan gagasan baru dan selalu mengikuti apa yang telah ada.

Coba bayangkan kalau mereka pada saat itu hanya mengikuti gagasan-gagasan dan kebiasaan yang sama dari tahun ke tahun. Pastinya sekarang kita tidak pernah mengenal pesawat terbang.
Terkadang kita harus berbeda dari yang lain untuk bisa bersinar. Selama perbedaan itu masih dalam hal yang positif maka jangan takut untuk berbeda. Karena selama Anda bisa menjadi unik mengapa tidak? Jadilah sapi ungu diantara sapi putih. Maka pada saat itulah kesempatan sukses Anda terbuka lebar.
Saat ini kita hidup di zaman yang menuntut kreativitas. Jadi mari kita latih diri kita untuk lebih kreatif dengan belajar berpola pikir di luar kotak. Berikut penjelasan lengkap tentang cara melatih pola pikir out of the box :

1. Fokus Pada Ide Baru

Jangan hanya terus terpaku pada cara-cara atau ide yang sudah ada. Anda mau melakukan itu terus. Sampai kapan? Kalau mulai dari sekarang Anda tak merubah pola pikir Anda maka selamanya Anda akan seperti itu. Tidak ada perubahan, inovasi, dan tak ada perkembangan sama sekali.

Jangan takut untuk mencoba ide baru yang mungkin agak aneh. Kalau memang menurut Anda ide itu layak diterapkan mengapa tidak?

Ayo jadilah seorang inovator. Kita tidak bisa terus bergantung pada konsep yang sudah ada. Bila kita hanya mengandalkan konsep sebelumnya maka kita akan tertinggal jauh dari bangsa lain.

Dengan mencoba menerapkan ide baru maka Anda akan dipandang sebagai seseorang yang unik. Orang yang mampu membawa perubahan bagi lingkungan sekitar Anda.

Contohnya saja di lingkungan pekerjaan. Ketika orang lain sibuk bekerja dengan cara yang digunakan sebelumnya maka ia akan dipandang biasa saja.

Tetapi ketika Anda datang dan membawa inovasi yang luar biasa dan mampu menemukan solusi untuk memudahkan suatu pekerjaan maka Anda akan dipandang sebagai orang yang hebat. Dan bahkan bos Anda mungkin akan memberikan hadiah berupa bonus atau naik jabatan.

2. Pelajari Hal Baru Setiap Harinya

Banyak mempelajari hal baru akan memberikan Anda inspirasi yang baru pula. Anda bisa mengasah pola pikir out of the box dengan melakukan hal-hal yang tidak biasa Anda lakukan.

Seperti membaca buku yang genrenya berbeda dari yang sering Anda baca, mendengarkan musik yang aneh, belajar memainkan alat musik baru, pergi ke tempat yang baru, dan bersosialisasi dengan orang baru yang memiliki karakter berbeda-beda.

Pada dasarnya Anda harus melakukan segala sesuatu di luar kebiasaan Anda. Hal itu bertujuan untuk mengembangkan pola pikir Anda bahwa di dunia ini jauh lebih luas dan diisi oleh banyak hal.

3 Beri kebebasan Untuk Otak Kanan

Otak kanan adalah bagian otak yang sering memunculkan ide-ide yang kadang tak masuk akal. Biarkanlah ide-ide yang ada di otak kanan itu mengalir apa adanya di kepala Anda. Baru setelah Anda merasa cukup dengan ide di kepala Anda lalu Anda tinggal memfilter mana yang bisa diterapkan dan mana yang tidak bisa.

Perlu diseimbangkan antara penggunaan otak kanan dan otak kiri untuk hidup yang lebih baik. Kebanyakan orang di dunia cenderung menggunakan otak kirinya sedangkan otak kanannya jarang digunakan. Hal ini mengakibatkan kemampuan otak kanan menjadi menurun. Sama halnya dengan otot, semakin sering digunakan maka semakin bagus dan begitu pula sebaliknya.

Baca Juga : 14 Trik Ajaib Melatih Otak Kanan dan Kiri

4. Dengarkan Orang Lain, Terbuka Dan Menerima

Terkadang kita tidak boleh egois dengan memaksakan pemikiran sendiri dan tidak mau menerima ide dari orang lain. Bisa jadi dengan menerima masukan dari orang lain dapat menyempurnakan ide kita.

Perbanyak bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar Anda agar Anda bisa lebih mengetahui bagaimana pandangan orang lain terhadap sesuatu.

Tanyakan yang perlu Anda tanyakan kepada orang lain supaya Anda bisa tahu lebih dalam mengenai suatu permasalahan yang dihadapi oleh orang banyak. Jangan malu untuk terus bertanya karena itu jauh lebih baik daripada hanya diam tanpa mengetahui apa-apa.

Dari situ Anda bisa belajar bagaimana memadukan pemikiran Anda dan orang lain sehingga bisa memunculkan ide baru yang lebih cemerlang.

5. Belajar Dari Pengalaman

Selain belajar dari orang lain, Anda juga perlu belajar dari diri sendiri dari pengalaman yang Anda lalui. Dari masa lalu itu Anda pasti bisa belajar bagaimana mengatasi masalah dengan cara yang lebih baik agar tak melakukan melakukan kesalahan seperti yang dilakukan sebelumnya.

Pengalaman adalah guru yang paling baik. Pengalaman mengajarkan kita bagaimana menghadapi masa depan untuk menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

Sebodoh-bodohnya seseorang, jauh lebih bodoh mereka yang jatuh pada lubang yang sama. Pengalaman bisa menjadi pembelajaran bagi kita untuk tidak melakukan kesalahan yang sama secara berulang. Untuk itu, jadikan pengalaman sebagai pedoman dalam menghadapi hidup di masa mendatang.

Baca Juga : Keajaiban Dari Kegagalan Yang Tak Disangka

6. Membuat Puisi

Percaya atau tidak, puisi dapat memberi bantuan untuk Anda yang ingin berpikir out of the box. Puisi dapat menghubungkan dan menyelaraskan antara kerasionalan pada otak kiri dan kekreativitas pada otak kanan.

Buatlah puisi tentang masalah yang tengah Anda hadapi. Puisinya tidak harus sesuai dengan aturan khusus pada umumnya. Buatlah puisi yang sesuai dengan imajinasi Anda. Tidak usah khawatir puisi yang Anda buat jelek. Toh puisi Anda tidak untuk dipublikasi, yang melihat paling Anda sendiri bukan orang lain.

Tulislah masalah yang tertampung dalam benak Anda dalam bentuk puisi. Maka dari situ pikiran Anda akan terlatih untuk mengubah masalah yang memusingkan menjadi sesuatu yang simpel.
Mungkin metode ini agak bodoh kedengarannya, tetapi metode ini terbukti ampuh untuk melatih persepsi kita terhadap masalah.

7. Menggambar Visualisasi Masalah

menggambar visualisasi masalah

Hampir sama dengan membuat puisi, salah satu alternatif untuk melatih pola pikir out of the box adalah dengan membuat gambar. Buatlah gambar yang memvisualisasikan masalah yang ada di benak Anda.

Tidak peduli gambar Anda bagus atau tidak yang jelas  gambar itu berisi emosi Anda. Curahkan semua perasaan Anda dalam gambar. Dengan demikian sisi kreatif dari diri Anda akan terlatih menjadi lebih baik lagi.

Jangan khawatir gambar Anda dinilai buruk oleh orang lain hanya karena gambar Anda jelek. Ini kan hanya proses latihan, Anda tidak berniat untuk membuat gambar yang ingin di jual pada kolektor seni.

8. Menonton Anime

Anime adalah film kartun jepang yang biasanya terdiri dari berbagai macam genre seperti action, adventure, comedy, dementia, ecchi, horor, magic, fantasy, mystery, dan masih banyak lagi.

Film anime kaya akan imajinasi yang entah mengapa imajinasinya itu bersifat logis karena disertai dengan penjelasan yang masuk akal.

Dalam anime juga kadang kita menemukan teori konspirasi yang disajikan secara tersirat dan akan nampak bila kita menganalisanya. Tak jarang pula ditemukan dalam anime berupa misteri yang membuat kita bertanya-tanya apa makna yang ingin disampaikan anime tersebut.

Tahukah Anda bagaimana asal usul ditemukannya jaringan 4G? 

Khoirul Anwar selaku penemu jaringan 4G memperoleh inspirasi dari serial anime dragon ball. Dalam anime itu dikisahkan bagaimana son goku menggunakan jurus dahsyatnya “Genki dama” dengan menyerap semua energi makhluk hidup sehingga menghasilkan energi yang luar biasa.

Berdasarkan konsep itu ia menerapkannya pada proyek yang tengah ia kerjakan. Alhasil jadilah suatu inovasi cerdas yang bisa kita gunakan sekarang ini yang dikenal dengan jaringan 4G.

Maka dari itu, apabila Anda ingin memperkaya imajinasi Anda mungkin tidak ada salahnya untuk menonton anime.

Pandangan orang lain terhadap anime mungkin menganggap anime sebagai filmnya anak kecil. Jangan salah, di jepang hampir sebagian besar orang dewasa juga nonton anime loh. Pada dasarnya ada anime yang dibuat untuk anak-anak dan ada yang khusus orang dewasa. Jadi tinggal Anda saja mau pilih yang mana

Baca Juga : Cara Memaksa Tujuan Mendekatkan Diri

9. Mintalah Nasihat Seorang Anak 

Seorang anak kecil yang dunianya masih dipenuhi dengan imajinasi memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Pendapat anak kecil memang tergolong absurd tetapi kadang juga bisa memberikan solusi yang tak terduga. Biasanya anak-anak yang sering menonton anime lebih memiliki daya imajinatif yang tinggi.

Jawaban anak kecil yang berdasarkan imajinasi terkadang bisa jadi solusi atau sumber inspirasi dalam penyelesaian masalah. Jadi ketika Anda mendapatkan suatu masalah, cobalah untuk meminta nasihat anak kecil bagaimana ia menyelesaikan masalah itu.

Biarkan ia menjawab apa adanya lalu tinggal Anda sendiri yang menyaring jawabannya apakah bisa dijadikan solusi atau tidak.

10. Undang Keacakan

Jangan selalu terpaku pada pola yang sama setiap harinya. Biasakan diri Anda untuk hidup dalam keacakan.

Makanan hari ini usahakan tidak boleh sama dengan makanan yang dimakan besok dan lusa. Kegiatan yang Anda lakukan hari ini tidak boleh sama dengan kegiatan yang dilakukan besok. Hidup Anda tidak boleh monoton. Harus ada keragaman yang acak.

Kebiasaan yang acak akan mengundang pemikiran yang acak pula sehingga mampu menghasilkan ide-ide yang acak pula.

Baca Juga : 9 Tanda Mental Anda Sehat

0 Response to 10 Tips Bagaimana Melatih Pola Pikir Out Of The Box (Di Luar Kotak)

Posting Komentar