17 Cara Menciptakan Kebahagiaan Kecil Di Tengah Kesusahan

cara hidup bahagia

Dalam hidup adakalanya kita mengalami kesedihan maupun kebahagiaan. Siklus itu terjadi secara terus-menerus dan berulang. Kita tak pernah tahu kapan waktu bahagia atau sedih itu datang.

Ketika masa bahagia itu datang mungkin kita akan menikmatinya dengan senang hati. Namun ketika masa sulit itu datang. Kita akan dibuat stres olehnya.

Namun apa iya ketika masa sulit itu datang semua yang ada hanyalah kesulitan?

Mungkin saja, memang ketika kita berada dalam masa sulit seperti itu hanya kesedihan dan stres yang ada di pikiran kita. Tapi kita bisa kok mengakalinya dengan menciptakan kebahagiaan kecil yang bisa mengimbangi stres itu.

Tidak usah khawatir hidup Anda akan seperti di neraka. Jangan berpikiran negatif dulu. Semua permasalahan pasti ada jalannya. Langit nggak selamanya mendung kok.

Tidak semua apa yang Anda pikirkan benar. Yang ada di pikiran Anda hanyalah bersifat subjektif. Jadi berusahalah untuk menciptakan kebahagiaan kecil dalam hidup Anda. 

Bagaimana Caranya?

Berikut penjelasan lengkap tentang cara menciptakan kebahagiaan kecil di  tengah  kesusahan.

1. Tidurlah Saat Anda Lelah.


Saat hari Anda dipenuhi oleh segudang masalah dan Anda sudah terlalu lelah untuk  menghadapinya. Maka tindakan terbaik yang dapat dilakukan adalah melupakannnya sejenak lalu tidur.

Tidur akan membuat Anda lebih rileks dan bisa berpikir jernih. Jangan terlalu sering memusingkan sesuatu karena otak juga butuh istirahat. Break sebentar tidak apalah,  yang penting Anda sudah mengerjakan sebagian besar atau setengah dari pekerjaan Anda.

Jangan terlalu memaksa diri Anda untuk bekerja sampai larut malam. Tubuh juga butuh istirahat. Tidurlah dengan nyenyak dimalam hari. Dan ketika Anda bangun di pagi hari tubuh dan perasaan Anda akan terasa segar dan siap untuk beraktivitas lagi.

2. Buat Seseorang Bahagia

Pada dasarnya kita akan cenderung senang ketika mellihat orang lain senang. Terlebih lagi jika kita melihat senyuman indah orang yang kita sayangi.

Ketika kita memberikan sesuatu yang sangat sederhana dan mereka menyukainya maka perasaaan kita akan terasa plong dan senang. Sehingga otomatis diri akan mendapat tularan energi positif dari tindakan tersebut.

ayolah kawan, ciptakan kebahagiaan bagi semua orang disekitarmu. Buatkan ibumu secangkir teh di pagi hari, temui sahabatmu untuk saling bercanda, atau dengan memuji orang disekitarmu akan kelebihan mereka. Lama kelamaan energi positif itu akan menular pada siapa saja.

Baca Juga : 9 Cara Sederhana Membahagiakan Orang Tua

3. Rayakan Kemenangan Kecil Anda


Ketika Anda berhasil melakukan sesuatu jangan lupa untuk merayakannya. Hal itu bertujuan untuk memberi semangat kepada diri Anda. Agar ketika mengalami kesulitan dalam mengerjakan sesuatu akan teringat bahwa ketika saya berhasil melakukannya maka saya akan memperoleh hadiah.

Hal ini akan memberikan dampak positif yang terus menerus dimasa mendatang. Setiap kali Anda berhasil melakukan sesuatu maka berilah diri Anda hadiah. Hal ini sangat bagus untuk memperbaiki mindset Anda.

4. Berlatihlah Bersyukur

Orang yang senantiasa bersyukur akan diberikan nikmat yang berlebih. Ketika kita merasa cukup dengan rahmat yang kita terima maka tuhan akan terus menambahkannya. Hal ini akan memberikan rasa senang dan berkecukupan dalam diri Anda.

Renungkan apa saja yang patut Anda syukuri dalam sehari lalu tuliskan semuanya dalam secarik kertas. Lakukan setiap hari sebelum tidur.

Ketika Anda berusaha meluangkan waktu untuk menghitung nikmat dari tuhan, maka Anda akan menyadari bahwa sejatinya hidup ini penuh dengan berbagai hal yang patut di syukuri. Hanya saja pikiran Anda yang terlalu sibuk dan tertutup hingga lupa bersyukur atas nikmat tuhan. 

5. Letakkan Elektronik Anda Selama Satu Jam Setiap Hari.

Peralatan elektronik seperti smarthpone akan memberikan pengaruh negatif kepada Anda baik dari segi kesehatan maupun dari segi lainnya.

Smarthphone cenderung akan menjauhkan Anda dari yang namanya kebersamaaan karena smarthphone dapat membuat penggunanya kecanduan. 

Smarthphone juga tidak baik untuk kesehatan bila terlalu lama digunakan. Radiasinya dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Sinar biru yang dipancarkan akan memengaruhi kesehatan mata.

6. Mulai Kebiasaan Menulis


Dengan membiasakan diri untuk menulis akan melatih Anda untuk mengungkapkan persepsi.

Bisa juga dengan menulis buku diary akan memberikan kepuasan tersendiri karena bisa mencurahkan apa isi hati Anda. daripada curhat di sosmed kan lebih baik di buku diary.

Tahukah Anda bahwa menulis adalah suatu bentuk terapi. Tulislah semua apa yang ada di pikiran Anda. Biarkan semuanya berantakan dan jujur dari hati Anda sendiri.

Cara ini sangat efektif dilakukan apabila Anda merasa cemas dan sedih, maka dengan begitu Anda akan menjadi lebih baik.

Baca Juga : 17 Ide Kerja Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Anda

7. Pelajari Sesuatu Yang Baru.

Mempelajari sesuatu yang baru akan memberikan Anda pengalaman yang baru, hidup yang baru, dan kesenangan yang baru pula. Sehingga tidak monoton dengan melakukan hal yang itu-itu sja setiap harinya.

Pelajari hal baru seperti memainkan game yang baru, pelajari cara bermain ukulele, cara bermain suling, atau belajar programming yang mampu membuat Anda merasakan suatu pencapaian walaupun itu adalah suatu hal yang sederhana.

8. Habiskan Lebih Banyak Waktu Dengan Diri Anda Sendiri.

Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan sendiri. Seperti meringkuk di sofa sambil membaca novel atau komik, pergi berbelanja sendiri, memancing, meditasi sejenak, atau hanya sekedar berjalan-jalan di taman yang indah.

Dengan menghabiskan waktu dengan diri sendiri akan membuat Anda lebih memahami bagaimana diri Anda sendiri. Dan bagaimana berinteraksi dengan diri. Sehingga ketika Anda punya masalah dengan diri sendiri akan mudah untuk mencari solusinya.

9. Menangis Jika Perlu

Menangis adalah bentuk ekspresi seseorang dalam mengungkapkan apa yang ada di dalam hatinya.

Perempuan pada umumnya mencurahkan isi hatinya dengan menangis baik itu kekecewaan, kebahagiaan, maupun rasa  penyesalan.

Menangis bukan berarti kalau Anda lemah, tetapi lebih kepada melepaskan semua perasaan yang ada dihati. Pada umumnya ketika Anda menangis maka semua beban batin yang ada pada diri Anda akan berkurang dan membuat Anda merasa lebih baik.

10. Habiskan Lebih Banyak Waktu Di Luar.

Dengan lebih lama di luar ruangan akan melatih otak kanan Anda terhadap untuk bereaksi terhadap sesuatu. Biarkan diri Anda merasa nyaman dengan suasana di luar ruangan. Vitmain D dari sinar matahari akan semakin memperkuat tulang dan melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Telah terbukti secara ilmiah bahwasanya vitamin D akan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Udara yang segar akan memberikan Anda energi untuk lebih semangat dalam menjalani hari baru. Selain itu, dengan berada di luar ruangan akan membantu menjernihkan pikiran dari stres yang melanda.

Baca Juga : Ingin Jadi Orang Beruntung Seumur Hidup ?

11. Habiskan Lebih Banyak Waktu Bersama Orang Yang Anda Cintai.


Luangkan lebih banyak waktu dengan teman, orang tua, pacar, atau siapapun mereka yang Anda sayangi. Karena itu akan membuat suasana hati Anda tidak kosong. Penuhi diri Anda dengan kebahagiaan bertemu mereka.

Bahagiakan orang yang Anda sayangi. Karena dari situlah kebahagiaan kecil Anda akan muncul. Habiskan banyak waktu Anda dengan mereka selagi Anda masih bisa.

Bertemulah dengan orang-orang yang membuat perasaan Anda senang. Dan hindari bertemu orang-orang yang membuat Anda menjadi bad mood.

12. Buat Rencana.

Tetapkan rencana  kehidupan Anda di masa mendatang. Pikirkan rencana itu matang-matang ketika menyusunnya. Dengan memiliki tujuan yang jelas maka hidup Anda akan lebih terarah dan jauh dari kesengsaraan.

Dengan membuat rencana berarti Anda membuat harapan. Dan setiap harapan pasti selalu ingin diwujudkan. Dengan mewujudkan berarti Anda membuat sebuah tantangan. Dan dari situlah Anda belajar menjadi kuat untuk menghadapi kehidupan sehari-hari.

Misalnya Anda bekerja keras dan lembur dalam satu minggu. Tetapi Anda mampu karena ada harapan yang ingin Anda wujudkan,  yaitu berlibur bersama keluarga ke Bali. Dan pada akhirnya ketika masa lembur itu terlewati maka terwujudlah harapan itu.

13. Regangkan Tubuh Anda Di Pagi Hari.


Peregangan di pagi hari akan merilekskan otot -otot dan pikiran Anda. terlebih lagi jika melakukannya  di bawah matahari pagi. Apabila tubuh kita sehat maka insyaallah mental dan pikiran kita akan sehat pula.

Udara pagi akan memberikan Anda dorongan energi untuk menjalani hari baru. Yang harus Anda lakukan adalah menaruh tangan di belakang kepala lalu regangkan sejauh yang Anda mampu. Lakukan selama beberapa detik dan Anda akan merasakan manfaatnya.

14. Keluarlah Dari Zona Nyaman Anda.

Hal yang paling mengerikan dalam hidup adalah terus bertahan dalam zona nyaman. Memang zona nyaman itu enak tetapi jangan salah karena dia juga mempu menjerumuskan kita. Jadi kita harus berani keluar dari zona nyaman itu untuk merubah hidup menjadi lebih baik.

Saya sendiri mengakui bahwa keluar dari zona nyaman itu tidaklah mudah. Butuh tekad dan motivasi yang kuat untuk mengubahnya.

Tetapi apa iya Anda mau terus terpuruk?

Jadi sekali lagi saya katakan pada Anda bahwa “Apakah Anda mau terus terpuruk pada zona nyaman atau mau bangkit untuk merubah hidup Anda menjadi lebih baik dan melihat luanya dunia”. 

Ingatlah bahwa tidak ada orang yang sukses tanpa keluar dari zona nyamannya. Tidak ada orang yang berhasil tanpa adanya perjuangan.

Baca Juga : 9 Solusi Tepat Untuk Kamu Yang Suka Menunda Pekerjaan

15. Belajarlah Untuk Melepaskan.

Ketika kita kehilangan sesuatu maka hal yang paling berat adalah mengikhlaskannya. 
Ingatlah selalu bahwa ketika apa yang kita cintai hilang, pasti tuhan akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik. tenangkan pikiran Anda dan anggaplah segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah pemberian dari-Nya.

Jangan membuang-buang waktu untuk memikirkan apa yang terjadi di masa lalu. Apa yang terjadi di masa lalu tidak akan bisa lagi diubah. Anda tidak bisa kembali ke masa lalu dan mengubahnya. Jadi lupakanlah masa lalu. fokuslah pada masa sekarang dan masa yang akan datang. 

16. Tersenyumlah Dengan Bayangan Anda Di Cermin.


Dengan menyenyumi diri Anda di depan cermin akan memberikan semangat baru bagi Anda. senyum itu akan memberikan semangat bagi Anda dalam menghadapi hari-hari yang berat.

Ketika Anda mengalami kesusahan maka ingatlah senyum indah Anda di depan cermin. Biarkan senyum itu dilihat oleh orang disekitar Anda.

Dengan tersenyum di depan cermin akan memberikan manfaat yang positif walaupun itu hanya senyum palsu. Dengan melakukannya akan mengaktifkan bagian kecil dari otak yang mampu membuat Anda menjadi lebih baik.

17. Ingat Bahwa Anda-lah Yang Bertanggung Jawab Atas Kebahagiaan Anda Sendiri.

Apapun yang Anda lakukan saat ini adalah cerminan masa depan Anda di masa mendatang. Ketika Anda terus bersikap malas. Percayalah bahwa hidup Anda di masa mendatang akan penuh dengan kesengsaraan. Dan begitu pula sebaliknya.

Anda tidak memiliki kuasa untuk mengatur Apa yang terjadi pada Anda. Yang bisa Anda lakukan hanya mengontrol reaksi Anda terhadapnya.

Anda juga tidak bisa mengandalkan orang lain untuk selalu terus membuat kebahagiaan dalam hidup Anda karena kebahagiaan itu datang dari dalam diri. Jadi mulai dari sekarang Anda harus berusaha untuk mengubah pola pikir menjadi lebih positif.

0 Response to 17 Cara Menciptakan Kebahagiaan Kecil Di Tengah Kesusahan

Posting Komentar