7 Cara Terpercaya Menghilangkan Sifat Sombong

Sombong adalah sifat negatif yang meracuni seseorang baik itu pikiran, ucapan, maupun tindakan. Orang yang terjangkit virus sombong akan merasa dirinyalah yang terbaik diantara semuanya. Baik itu terhebat, terkaya, tercantik, tertampan, terpintar, dan masih banyak lagi.

Apakah Anda termasuk kategori orang-orang yang sombong ?

Orang yang dikategorikan sebagai orang sombong tidak selalu di nilai dari cara berbicaranya yang seolah-olah dialah yang paling hebat. Namun apabila Anda pernah berpikir lebih hebat dari orang lain maka Anda pun juga termasuk kategori orang sombong.
cara menghilangkan sifat sombong

Tidak ada gunanya jadi orang sombong. Mungkin kita akan merasa bahwa diri kitalah yang paling terbaik dan terhebat. Tetapi, bagaimana pendapat orang lain kepada diri kita. Tidak ada orang yang mau berteman dengan orang sombong. Hidup akan terasa sangat kosong dan pastinya tidak disenangi oleh orang lain.

Bagaimana menghilangkan sifat sombong ?

Jika Anda termasuk kategori orang yang sombong, jangan khawatir. Kami akan memberikan solusi yang luar biasa untuk merubah sifat Anda tersebut. Berikut solusinya :

1. Pelajari Sifat Sombong Anda

Hal utama yang harus dilakukan adalah mempelajari lebih mendalam tentang sifat sombong Anda. Ibarat sebuah penyakit tidak akan bisa disembuhkan jika tidak diketahui secara jelas.

Pelajari dengan mendalam sifat sombong tersebut. Apa saja yang biasa Anda unggulkan dalam diri Anda sehingga menimbulkan sifat sombong. Dan apakah sifat sombong tersebut lebih cenderung ke ucapan, pikiran, maupun perbuatan atau bahkan gabungan dari semuanya.

Dan ketika Anda telah mengetahuinya dengan mendalam, maka akan mudah untuk menemukan solusi dan yang mana akan menjadi prioritas utama. Apakah fokus ke arah pikiran, ucapan, atau perbuatan.

2. Temukan Kekurangan Anda

Pada dasarnya sifat sombong itu muncul karena adanya keunggulan atau kelebihan dalam diri Anda. Maka dari itu, untuk meminimalisir sifat sombong Anda yaitu dengan mengenali kekurangan diri.
 Tanamkan dalam diri Anda bahwa “Sebaik-baik dan sehebat-hebatnya diri saya, selalu ada yang melebihi saya!!”. Intinya selalu ada langit di atas langit.

Setiap orang pasti memiliki yang namanya kekurangan. Tidak ada seorang pun manusia yang sempurna. Karena yang sempurna itu hanyalah Tuhan.

Apapun kekurangan Anda pasti suatu saat akan ada yang menutupi, maka dari itu perlu adanya sosialisasi. Jika ada yang tidak bisa Anda lakukan, pasti ada teman yang bersedia membantu. Itulah pentingnya jika kita memiliki banyak teman. Lantas bagaimana bila Anda masih bersikap sombong?

Pastinya Anda tidak akan memiliki teman. Untuk itu, mulai dari sekarang berusahalah untuk menjauhi sifat sombong.

3. Lupakan Kelebihan Anda

Jika yang ada dalam fikiran Anda hanya terus memikirkan kelebihan yang ada pada diri, maka dampaknya ialah Anda akan terus merasa jadi yang terhebat dan yang lain tidak ada apa-apanya. Sifat itulah yang dinamakan sombong.

Mau sehebat apapun Anda dalam suatu bidang janganlah terlalu berbangga diri, biarkan orang lain yang menilainya. Jangan menilai diri Anda sendiri karena dari situlah nantinya akan muncul kesombongan.

Kelebihan yang ada pada diri bukanlah sesuatu yang harus dibanggakan dan dipamerkan. Justru kelebihan itu adalah sesuatu yang harus disyukuri dan dipergunakan dalam hal yang positif serta bermanfaat bagi orang banyak.

Dengan begitu maka kelebihan yang Anda miliki akan jauh lebih baik dan tentunya akan membawa berkah.

4. Jangan Hanya Menilai Dari Luar Saja

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan yang mengatakan “ Jangan Menilai Sebuah Buku Hanya Dari Sampulnya” .

Ungkapan tersebut memberi kita petuah yang sangat menyindir kehidupan. Terkadang kita hanya menilai seseorang berdasarkan penampilannya, mereka yang berpenampilan selalu bersih, rapi, wangi, dan necis kita anggap orang yang baik dan begitu pula sebaliknya. Yang berpenampilan dekil dan kumal kita anggap sebagai orang jahat dan bodoh.

Padahal orang yang bersih mungkin saja koruptor kelas kakap dan mereka yang mungkin kita anggap orang jahat justru orang yang baik.

Di dunia ini sering kita jumpai ada orang kaya yang berpenampilan seperti orang miskin. Sebenarnya dia tidaklah kikir dengan dirinya sendiri, melainkan ia hanya hidup sederhana. Kita ambil contoh yaitu Bob Sadino, walaupun ia sukses tetapi ia hanya berpenampilan sederhana.

Kita harus menilai seseorang dari dalamnya bukan dari luarnya, karena terkadang apa yang kita lihat tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan.

5. Sering Berbagi

Berbagi ke sesama merupakan hal terpuji yang dapat kita lakukan. Terlebih lagi manfaat yang nantinya bisa kita peroleh dari berbagi. Dengan berbagi dapat membuat kita menjadi orang yang beruntung seumur hidup. 

Jadi mulai dari sekarang teruslah berbagi ke sesama. Dalam berbagi juga tidak boleh ada niat yang lain. Jangan ada niat berbagi karena ingin sesuatu yang bersifat materi. Berbagilah karena niat tulus karena Allah.

Dengan berbagi maka respon orang lain terhadap diri Anda juga akan baik dan tentu saja akan menstimulus pikiran Anda untuk menghilangkan sikap sombong. Teruslah berbagi karena apa yang Anda bagikan nantinya akan dibalas oleh Allah 10 kali lipat.

6. Tidak Memilih-milih Teman

Bertemanlah dengan siapa saja selama itu membawamu ke arah yang positif. Jangan membagi teman menjadi beberapa kasta seperti tinggi, menengah, dan rendahan karena itu hanya akan memperjelas sikap sombong yang Anda miliki.

 Berteman itu tidak mengenal kasta, biarpun ia pemulung, pengamen, kuli, ataupun hanya pengangguran. Terserah ia bekerja sebagai apa tetaplah berteman dengannya. Tidak ada larangan untuk berteman dengan siapa selama teman Anda membawa pengaruh positif untuk Anda.

7. Bersungguh-sungguh

 Percuma saja berusaha tapi kalau tidak disertai dengan tekad yang kuat dan komitmen yang tinggi sama saja bohong. Diperlukan konsistensi yang sangat untuk mampu menopang kemauan untuk berubah.

Yang paling sulit disini ialah ketika kita telah mempunyai komitmen tetapi komitmen tersebut sulit untuk dipertahankan. Solusi terbaik dari persoalan tersebut yakni dengan menetapkan tujuan apa nantinya yang akan Anda capai, dengan begitu maka bukan tidak mungkin komitmen Anda akan kuat.

Penutup

Sifat sombong adalah sebuah penyakit jiwa yang harus dihilangkan dalam diri suatu kita. Alangkah ruginya bila kita mempunyai sifat sombong. Dimulai dari dijauhi orang-orang di sekitar, sulit mendapatkan bantuan dalam kehidupan bermasyarakat, dan bahkan kehidupan Anda akan dipenuhi aura negatif sepanjang hari. Apakah Anda menginginkan hal tersebut? Tentu tidak.

Kesombongan merupakan sesuatu yang bisa dihilangkan dari diri kita sendiri. Walaupun dalam menghilangkannya itu tidak dalam waktu yang singkat. Diperlukan ketekunan dan kesabaran dalam melakukannya. Sebagai langkah awal perubahan diri Anda, ada baiknya jika Anda meng-share postingan ini agar nantinya orang lain juga bisa termotivasi untuk berubah ke arah yang lebih baik.



 Baca Juga :

9 Tanda Mental Anda Sehat

7 Cara Amazing Mudah Bergaul Dengan Semua Orang


0 Response to 7 Cara Terpercaya Menghilangkan Sifat Sombong

Posting Komentar