7 Rekomendasi Cara Agar Dipercaya Orang Lain


Menjadi seorang yang dipercayai adalah sesuatu yang pastinya diinginkan oleh setiap orang. Pernahkah Anda membayangkan seandainya tidak ada orang yang percaya pada Anda, meragukan kemampuan Anda, dan bahkan mengacuhkan Anda.

Tentu akan sangat menyesakkan rasanya. Membangun kepercayaan orang lain terhadap diri kita merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan.

cara dipercayai orang lain

Anda pastinya tidak ingin dicap sebagai sosok yang hanya bisa berkata-kata hebat tanpa ada tindakan nyata. Untuk itu, harus ada keselarasan antara perkataan dan perbuatan, yaitu integritas.

Integritas yang tinggi akan membuat orang lain percaya pada Anda, sehingga mereka dapat mengandalkan Anda sepenuhnya tanpa ada keraguan sedikit pun.

Menjadi orang yang berintegritas tinggi sebenarnya tidaklah sulit. Berikut penjelasan lengkap bagaimana cara meningkatkan integritas agar orang lain mempercayai Anda.

1. Berkata Jujur

Kejujuran merupakan hal utama yang harus Anda miliki jika ingin dipercaya oleh orang lain. Tanpa adanya kejujuran orang lain tidak akan percaya dengan yang Anda katakan. Sekali saja Anda berbohong maka selamanya Anda tidak akan lagi dipercaya.

Karena kebohongan hanya akan meracuni tindakan, hati, dan pikiran serta akan membawa energi negatif dalam diri Anda.

Anda harus selalu berkata jujur, sampaikan kebenaran walaupun pahit rasanya. Jangan menjadi sosok yang munafik, sosok yang berkata bohong dan tidak sesuai dengan apa yang ada dihatinya.

2. Bertanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan salah satu hal yang tidak kalah pentingnya dengan kejujuran. Orang lain akan percaya pada ketika mereka mengetahui secara pasti bahwa Anda mampu melakukan apa yang mereka harapkan.

Misalnya ketika Anda berjanji untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu satu hari maka Anda harus menepati janji tersebut. Anda harus bertanggung jawab atas apa yang Anda katakan.
Dan jika Anda tidak mampu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, jangan mencoba untuk menyalahkan orang lain dan lari dari kenyataan . Tetapi akuilah sendiri bahwa Anda yang tidak bisa menyelesaikannya.

3. Menjaga Ucapan

Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu menjaga ucapan. Apa yang kita ucapkan akan sangat menentukan orang lain untuk percaya dengan Anda. Ketika berbicara hendaknya berbicaralah dengan sopan dan sesuai realitas.

Jangan sampai ketika Anda berbicara menyinggung hati rekan kerja atau atasan yang berakibat munculnya rasa tidak senang padanya sehingga membuat Anda terabaikan.

4. Mengubah Pandangan Terhadap Uang

Seringkali seseorang yang memiliki integritas tinggi berubah hanya karena diperciki dengan kesombongan, keserakahan, dan mau menang sendiri.

Dan dasar dari semua itu adalah uang. Uang bisa merubah perilaku seseorang dengan cepat. Yang mungkin dulunya sangat baik dan ramah, tetapi karena sudah memiliki banyak uang sehingga membuatnya sombong dan tidak mau bersosialisasi.

Banyak yang sampai rela membunuh karena uang. Bagi sebagian orang, uang adalah segalanya dan segalanya pasti butuh uang.

Kita hidup bukan hanya untuk mencari uang, kita juga harus mencari berkah. Karena berkah tidak bisa dibeli dengan uang. Dan masih banyak lagi hal lain yang tidak bisa dibeli dengan uang seperti umur, kasih sayang, dan kesehatan.

Maka dari itu, ubahlah pandangan Anda terhadap uang. Segalanya memang butuh uang, tetapi uang bukanlah segalanya.

5. Menganalisis Sebelum Mengambil Keputusan

Yang tidak kalah pentingnya dalam meningkatkan integritas yakni berpikir jernih dan menganalisis dengan cermat sebelum mengambil sebuah keputusan.

Keputusan yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula. Pertimbangkan baik-baik dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari keputusan yang Anda ambil.

Misalnya jika Anda adalah seorang pejabat negara dan mengalami krisis keuangan dalam suatu waktu. Anda berencana untuk melakukan korupsi.

Anda membayangkan apa yang akan terjadi nantinya jika melakukan korupsi. Bisa saja nanti Anda akan dipenjarakan dan tentu saja akan menjatuhkan harga diri Anda di mata orang lain. 

 Maka dari itu betapa pentingnya mempertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Selain itu, dengan menganalisa terlebih dahulu akan menjauhkan Anda dari membenar-benarkan perbuatan yang seharusnya salah.

6. Berbaur Dengan Orang  Yang Berintegritas

Integritas tidak hanya bisa diasah dari diri kita sendiri melainkan dapat pula tertular dari orang lain.
Ketika Anda sering bergaul dengan orang yang memiliki integritas maka otomatis integritas itu akan tertular pada Anda.

Diibaratkan ketika kita sering berada di dekat penjual parfum maka kita akan harum, dan apabila kita berada di dekat penjual ikan maka kita pastinya akan bau ikan.

Perubahan yang Anda inginkan bergantung pada lingkungan pergaulan Anda. Jika Anda memang berniat sungguh-sungguh dalam berubah maka rubahlah lingkungan pergaulan Anda dengan orang-orang yang berintegritas.

Adapun dampak dari pergaulan tersebut akan membawa Anda ke arah yang lebih positif dan mampu membangun konsistensi diri.

7. Bertindak Dengan Cara Juara

Kunci utama dari kepercayaan orang lain terhadap diri kita adalah “Tindakan” . Apa artinya kata-kata mutiara, motivasi maupun dorongan dalam bentuk kata-kata jika tidak dipraktekkan. Maka dari itu sangat di butuhkan tindakan nyata.

Namun bagaimana jika tidak memiliki kesempatan untuk melakukan tindakan?

Bagaimana bisa kita dipercayai memimpin sebuah perusahaan jika kita sama sekali tidak pernah memiliki  kesempatan untuk memimpin sebuah perusahaan?

Bagaimana bisa kita dipercayai sementara kita saja tidak pernah mendapat kesempatan untuk membuktikan bahwa diri kita bisa?

Ada beragam persoalan yang sering muncul dari masalah tersebut. Sebenarnya solusinya tidaklah terlalu rumit. Pada dasarnya setiap orang di hadirkan di dunia ini dengan potensi tersendiri. Dan potensi tersebut tidak hanya ada pada dalam diri seseorang melainkan juga ada pada lingkungan seseorang.

Misalkan Anda ingin membangun sebuah bisnis namun Anda sama sekali tidak memiliki modal. Anda sebenarnya mempunyai keterampilan berbisnis namun karena tidak adanya modal sehingga kesuksesan Anda terhambat.

Tetapi coba pikirkan apa saja di sekitar Anda yang berpotensi membantu Anda, misalkan teman, tetangga, kerabat, orang tua, ataupun saudara-saudara Anda. Bukan berarti Anda memanfaatkan orang lain namun lebih ke arah meminta bantuan.

Sebenarnya kita selalu punya kesempatan untuk membuktikan diri kita, tetapi kita sering kali tidak menyadarinya. Kesempatan bukanlah sesuatu yang harus di tunggu kapan datangnya, melainkan sesuatu yang harus dibuat dan diusahakan dengan semangat dan kerja keras. Dengan demikian maka marilah kita buktikan apa yang kita bisa seperti sang juara bertindak.

Penutup

Pada dasarnya membangun sebuah kepercayaan atau integritas orang lain terhadap diri kita tidaklah serumit yang dibayangkan, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa bertahan dengan konsistensi untuk berubah. Semoga apa yang kami tulis ini dapat bermanfaat bagi Anda dan kami  tidak merasa keberatan jika nantinya Anda mau membagikan postingan ini ke orang lain.

0 Response to 7 Rekomendasi Cara Agar Dipercaya Orang Lain

Posting Komentar