9 Solusi Modal Usaha Bagi Anda Yang Bingung Mencari Sumber Modal

solusi modal usaha

Solusi modal usaha merupakan suatu hal yang sering dicari-cari oleh mereka yang hendak memulai suatu usaha. Pasalnya bagaimana bisa Anda memulai suatu usaha jika tidak memiliki modal. 

Terkadang ada ide yang tergambar dibenak Anda. Mau begini mau begitu tetapi tidak pernah terlaksana. Ada ide untuk membuka usaha kuliner yang prospeknya bagus tidak terwujud karena masalah modal.

Bukan hanya sebagian, tapi hampir seluruh calon pengusaha tidak jadi sukses karena permasalahan yang demikian. Namun bagi mereka yang senang dengan tantangan, pastinya hal tersebut bisa teratasi.

Dalam memulai usaha memang dibutuhkan kesiapan mental karena pasti akan banyak sekali rintangan dan hambatan yang salah satunya yaitu masalah modal.

Bagi orang-orang yang ekonominya tergolong kurang bagus mungkin agak kesulitan mencari modal. Apalagi jika tidak memiliki jaringan pertemanan yang luas. Tentunya akan membuat kepala serasa mau pecah. 

Namun jangan terlalu khawatir. Seperti kata pepatah tidak selamanya langit itu mendung. Tidak selamanya hidup hanya tentang masalah, pasti ada saatnya masalah itu pergi. Dan tentunya masalah pergi karena ada solusinya. 

Jadi teruslah mencari solusi dalam menyelesaikan masalah. Karena tidak ada suatu masalah yang tidak memiliki solusi. Begitupun dengan masalah modal usaha. Berikut penjelasan mengenai solusi modal usaha bagi Anda yang bingung mencari sumber modal.

1. Tabungan Anda sendiri

Sumber modal paling simpel adalah tabungan Anda sendiri atau modal pribadi. Modal pribadi sebenarnya sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan modal pribadi lebih mencerminkan kemandirian.

 Dan apabila suatu saat nanti Anda telah sukses dan berhasil, Anda akan merasakan kepuasan tersendiri dari hasil kerja dan modal sendiri. 

Selain itu, dengan menggunakan modal sendiri Anda tidak akan mengalami rasa bersalah kepada orang lain jika mengalami kegagalan atau pun kerugian. 

Intinya jika memang Anda mampu memodali  usaha sendiri maka jangan terlalu mengharapkan bantuan modal dari orang lain.

2. Menjual Barang Berharga Sendiri.

Jangan takut untuk mengorbankan apa yang Anda miliki. Yakinlah bahwa Tuhan akan mengembalikannya jika memang barang itu sudah ditakdirkan menjadi milik Anda. 

Dan kalau pun bukan, Tuhan akan memberikan yang lebih baik dari itu, yang terpenting Anda harus yakin. Karena jika Anda yakin, maka Keajaiban Dari Keyakinan akan datang.

Tidak ada salahnya menjual barang-barang berharga untuk sesuatu yang besar. Apalagi jika barang-barang itu hanya memperbengkak pengeluaran Anda. Jangan hanya mengutamakan ego semata, pikirkanlah masa depan Anda.

Pikirkan bagaiamna hidup Anda di masa mendatang. Apakah Anda masih punya uang untuk makan, membiayai keluarga, membeli kebutuhan rumah tangga, atau pun membayar pajak kendaraan?

Seperti itulah kehidupan. Ada kalanya kita harus berkorban demi sesuatu yang lebih indah. Anda mungkin hanya mengorbankan sebuah motor untuk modal usaha. Tetapi ketika usaha Anda sukses, bukan hanya motor yang bisa Anda beli bahkan mobil pun bisa.

3.  Pinjaman Dari Anggota Keluarga Atau Teman

Teman atau keluarga adalah salah satu alternatif untuk memperoleh modal usaha. Dengan modal dari orang lain seperti dari teman atau keluarga, Anda akan semakin terdorong untuk mengembangkan bisnis sebaik-baiknya. 

Anda akan selalu di bebani dengan rasa tidak mau mengecawakan orang yang memberi modal pada Anda. Sekedar tips bagi Anda, jika meminjam uang untuk modal usaha sebaiknya jangan menyinggung soal bagi hasil.

Pastikan bahwa Anda hanya sekadar meminjam dan tidak menjanjikan hasil usaha Anda nantinya kepada pemberi modal. Hindari perjanjian-perjanjian yang kira-kira akan merugikan Anda di masa mendatang.

4. Modal Pinjaman Dari Pengusaha

Bertemanlah dengan tulus dari hati yang paling dalam. Jangan terkesan dibuat-buat, karena mereka pasti akan men judge Anda orang yang ingin berteman karena ada perlunya.

Di sinilah kemampuan berbaur Anda sangat diperlukan. Sebisa mungkin jalinlah hubungan yang baik dengan Pengusaha-pengusaha yang bidangnya sama dengan Anda. 

Yakinkan mereka tentang usaha yang Anda rencanakan. Maka dari itu diperlukan metode atau cara yang efektif agar mereka yakin dan mau memberikan modal untuk Anda. 

Pengusaha sukses biasanya agak ragu memberikan orang lain modal jika tidak percaya atas rencana usahanya. Namun jika terancam gulung tikar, sang pemberi modal biasanya tidak akan tinggal diam dan pasti akan memberikan bantuan. 

5. Modal Dari Pemilik Modal Dengan Adanya Sistem Bagi Hasil

Mendapatkan modal dengan cara ini tidaklah buruk. Terutama bagi Anda yang amat kesulitan mencari modal. Sama seperti metode sebelumnya, cara ini membutuhkan kemampuan untuk meyakinkan investor agar mau berinvestasi.

Pikirkan matang-matang mengenai pembagian hasilnya, jangan sampai Anda mengalami kerugian. Metode ini mungkin agak sedikit kurang bagus karena keuntungan usaha Anda akan terbagi. Sebaiknya lakukan cara ini jika memang metode lain benar-benar tidak bisa dilakukan.

Jujur sebenarnya lebih bagus modal usaha sistem meminjam daripada bagi hasil. Kalau meminjam semua keuntungan usaha jadi milik Anda, dan Anda hanya harus membayar hutang sampai waktu tertentu. Setelah hutan Anda lunas maka semua keuntungan bisa Anda nikmati sendiri.

Lain halnya dengan sistem bagi hasil, dari awal usaha sampai selamanya semua keuntungan akan terus dibagi dua dengan pemilik modal.

Tetapi ada bagusnya juga metode ini, biasanya sang pemberi modal tidak segan-segan untuk memberi modal dala jumlah besar. Karena mereka berpikir bahwa usaha tersebut adalah usahanya juga.

6. Modal Dari Patungan Tim

Metode ini biasa dilakukan oleh sekelompok orang yang ingin membangun usaha bersama-sama. Namun pada hakikatnya, modal yang dikumpulkan itupun berasal dari modal pribadi masing-masing. Akan tetapi, dengan cara seperti ini biaya permodalan akan terasa lebih ringan.

Melakukan sesuatu bersama-sama memang menyenangkan. Selain semuanya jadi lebih mudah, beban mental juga ditanggung bersama-sama. Kalau untung sama-sama, dan kalau rugi juga sama-sama.

Usaha yang didirikan oleh suatu tim pada umumnya pasti akan cepat berkembang. Karena di dalam tim saling melengkapi, menutupi kalau ada kekurangan. 

Coba perhatikan perusahaan-perusahaan besar dunia. Semuanya diawali dari kerjasama tim. Maka dari itu, akan sangat bagus mendirikan usaha bersama tim.

Namun harus diperhatikan bahwa keuntungannya dibagi rata bersama tim. Jadi untuk Anda yang tergolong egois dalam hal keuntungan lebih baik menjalankan usaha sendiri saja. Usaha sendiri itu jauh lebih menantang dan tentunya butuh mental yang kuat pula karena semuanya ditanggung sendiri. 

7. Modal Ventura

Metode ini sangat menguntungkan bagi usaha kecil. Dalam metode ini pemodal secara langsung menyuntikkan dana dan ikut mengatur usaha Anda dalam jangka waktu beberapa tahun saja. Di sini pemodal juga sebagai pemilik saham yang menginginkan keuntungan.

Metode ini sangat ideal bagi Anda yang ingin memulai usaha. Tetapi untuk meyakinkan pemberi modal itulah yang agak sulit. Untuk itu, diperlukan kemampuan bernegosiasi yang bagus.

8.  Modal Bantuan Dengan Sistem Bapak Angkat

Perusahaan besar juga turut membantu perusahaan-perusahaan kecil. Biasanya yang diminati adalah sentra usaha kecil yang telah terkoordinir di suatu tempat dengan baik.

Bagi Anda yang baru membuka usaha kecil, bentuklah kerjasama dengan pengusaha-pengusaha besar yang sukses diluar sana. Usahakan membentuk kerjasama dengan usaha yang berkaitan dengan bidang usaha Anda sehingga bisa saling membantu.

9. Modal Dari Pinjaman Lembaga Keuangan

Sekarang banyak lembaga keuangan yang memberikan bantuan modal kepada mereka yang sedang memulai usaha. 

Misalnya saja koperasi dan bank yang telah bersistem syari’ah. Yang tentu saja menjauhkan Anda dari bunga tinggi dan lebih menguntungkan bagi perkembangan usaha Anda.

Kesimpulan

Solusi modal usaha sebenarnya ada banyak sekali di luar sana, tinggal bagaimana Anda mampu berusaha memperolehnya. 

Teruslah berusaha sekuat tenaga membagun usaha Anda, karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Dan tentu saja ditengah usaha itu diselingi dengan do'a yang tulus. 

Jika memang Anda merasa kalau artikel ini bermanfaat, saya tidak keberatan jika Anda mau meng-sharenya. 

Baca Juga:

Kisah Sukses Nabi Muhammad SAW Karena Jaringan

6 Persiapan Memulai Usaha Baru Bagi Pemula

0 Response to 9 Solusi Modal Usaha Bagi Anda Yang Bingung Mencari Sumber Modal

Posting Komentar