10 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Produk Hingga 99%

cara meningkatkan penjualan produk

Strategi pemasaran produk yang baik dengan cara meningkatkan penjualan produk akan menunjang naiknya keuntungan. 

Semua orang di dunia pasti menginginkan peningkatan penjualan produk. Tetapi karena kurangnya informasi dan pengetahuan di bidang marketing sehingga mereka tidak tahu bagaimana strategi penjualan yang bagus.

Padahal jika Anda menggunakan metode yang benar Anda bisa mendapat keuntungan yang lebih. Bagi seorang entrepreneur, marketing merupakan hal yang sangat dasar dan perlu diperhatikan. Intinya yang harus dilakukan adalah bagaimana memperluas jangkauan pemasaran produk.

Apabila Anda adalah seorang yang lelah berjualan tetapi keuntungan masih begitu-begitu saja tanpa mengalami peningkatan berarti Anda benar-benar harus mempelajari strategi pemasaran produk yang baik.

Berikut strategi pemasaran menurut para ahli :

  • Philip kotler, berpendapat bahwa strategi pemasaran ialah pola pikir yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran.
  • Tjiptono, berpendapat bahwa strategi pemasaran merupakan alat fundamental yang direncanakan guna mencapai dan mengembangkan keunggulan bersaing dan berkesinambungan melalui pasar dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.

Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang terus ter-update seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi tinggal bagaimana pintar-pintarnya Anda mengikuti perkembangan tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana Anda terus melakukan inovasi.

Berikut cara jitu meningkatkan penjualan yang bisa Anda terapkan dalam pemasaran produk:

1. Berikan Bonus Gratisan Pada Pembeli

Inilah cara yang biasa digunakan oleh perusahaan atau usaha-usaha yang besar sekarang. Berikan diskon atau gratisan kepada pembeli agar pembeli merasa diuntungkan apabila membeli produk Anda. 

Dengan adanya bonus akan membuat konsumen mudah mengingat brand Anda. Manusia cenderung mengingat apa yang membuat suasana hatinya berubah, dan hal itu pula berlaku bagi konsumen. Dan bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi dan lagi untuk membeli produk tersebut apabila mereka suka.

Hal ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan produk Anda. mungkin mereka belum tahu bagaimana sih produk Anda. Tetapi karena Anda memberikan diskon atau bahkan menggratiskan produk tersebut selama jangka waktu tertentu sehingga membuat mereka ingin coba-coba.

Nah, dari situlah konsumen akan menilai produk Anda apakah bagus atau tidak. Kalau bagus tentunya konsumen akan kembali lagi untuk membeli. Ketika mereka telah menyukai produk Anda, diskon pun bisa dikurangi perlahan-lahan dan akhirnya ditiadakan.

Kalau mereka memang puas menggunakan produk yang Anda tawarkan, tanpa diskon pun mereka akan tetap datang membeli.

Namun harus diperhatikan bahwa sebelum memberikan bonus kepada konsumen harus memperhatikan dulu. Jangan sampai Anda memberikan bonus yang mengakibatkan Anda mengalami kerugian. Jadi, yang harus diutamakan disini adalah bagaimana mendapatkan keuntungan bukannya kerugian.

2. Ber-iklan-lah

Tidak akan ada pembeli yang membeli produk Anda jika mereka tidak mengetahui dengan jelas seperti apa produk yang Anda jual. Mereka tidak mengetahui manfaat apa yang akan diperoleh jika membeli produk Anda. 

Di sinilah peran iklan dalam menjelaskan atau mengenalkan produk Anda kepada konsumen. Baik dalam bentuk pamflet, selebaran, atau pun baleho yang berukuran besar. Dapat pula dengan promosi secara langsung kepada masyarakat melalui sales.

Manfaatkan semua unsur-unsur yang bisa dijadikan bahan promosi. Yang paling trend sekarang yaitu promosi melalui internet, melalui sosial media seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Google Plus, Instagram, Line, Whatsapp, dan masih banyak lagi.

Ada juga media promosi berupa mensponsori sebuah acara yang diadakan oleh komunitas, organisasi, atau lembaga-lembaga tertentu. Dari situ Anda bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen.

3. Update Produk

Konsumen akan merasa bosan jika produk Anda hanya itu-itu saja. Ketika anda memberikan update produk baru maka mereka akan tertarik. 

Sama halnya ketika Anda hendak membeli motor. Pada saat Anda ingin membeli, pasti Anda akan membeli motor yang keluaran terbaru. Itulah manusia, selalu ingin yang terbaik dan terbaru. Untuk itu, update produk sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualan.

Produk yang baru akan menarik minat konsumen untuk mencoba dan membelinya. Orang-orang lebih mengutamakan produk baru. Apalagi di zaman seperti sekarang ini dimana selera dan ego semakin tinggi. Karena gengsi yang selangit membuat konsumen selalu ingin membeli produk baru.

Produk baru mempunyai kecenderungan menarik perhatian karena mata manusia selalu tertuju pada sesuatu yang tidak biasa atau baru. 

4. Ubah Harga Produk

Produk yang harganya mahal memang sering di beli oleh orang yang ekonominya tinggi. Namun bagaimana bagi mereka yang berekonomi menengah ke bawah? Pasti mereka akan berpikir ribuan kali untuk membeli produk tersebut. 

Jika Anda memang ingin meningkatkan penjualan, sebaiknya turunkanlah harga produk  sebisa mungkin. Namun jangan sampai menyebabkan Anda mengalami kerugian. 

Tidak perlu mengambil keuntungan banyak dahulu, utamakan kepercayaan konsumen. Karena jika mereka telah percaya dengan produk Anda. Mereka akan menjadi langganan yang akan terus membeli produk Anda.

Dalam penjualan produk harus menomorsatukan kepercayaan konsumen. Jangan karena ingin mendapatkan keuntungan besar jadi seenaknya menaikkan harga produk. Amati kondisi perekonomian konsumen Anda. Perkirakan harga yang bisa dijangkau namun tidak menimbulkan kerugian. 

5. Bangun Citra Anda Sebagai Seorang Pakar

Pakar adalah seorang ahli yang telah terpercaya. Ketika konsumen telah menganggap Anda sebagai seorang pakar. Tanpa pikir panjang, mereka tidak akan ragu lagi ketika membeli produk Anda. 

Misalnya saja dokter, tidak ada pasien yang akan menolak obat dari dokter. Seberapa mahal pun obat itu, jika  memang pasien percaya pada dokter maka bukan tidak mungkin pasien membelinya.

Berikan solusi atas masalah yang dihadapi konsumen. Bangun kepercayaan yang baik pada konsumen Anda. Dan jangan sekali-kali mengecewakan konsumen. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang cukup mengenai suatu bidang yang berkenaan dengan produk Anda.

6. Kembangkan Fitur Produk Anda

Fitur yang baru bisa menarik minat konsumen. Sudah menjadi kodrat konsumen menginginkan hal-hal baru dari produsen.

 Begitu pula yang dilakukan produsen smartphone masa kini, mereka berlomba-lomba mengembangkan dan membuat fitur baru pada smartphone ciptaannya. Tentu saja hal itu dilakukan semata untuk meningkatkan penjualan. 

Sama halnya dalam hal penjualan barang-barang, misalnya Anda adalah seorang penjual bakwan yang berjualan selama bertahun-tahun.

Setelah sekian lama berjualan, keuntungan yang didapat begitu-begitu saja. Namun ketika Anda menambah keistimewaan dari bakwan yang Anda jual dari segi ukuran, rasa, maupun warnanya maka jumlah pembeli pun akhirnya meningkat.

Kita tidak harus selalu membentuk produk baru, bisa saja dengan memaksimalkan atau menambah keistimewaan dari produk yang lama agar dapat menarik perhatian.

7. Berikan Kesan Pertama Yang Menawan

Konsumen akan langsung menilai Anda ketika pertama kali bertemu. Itulah yang disebut dengan kesan pertama. 

Kesan pertama kepada konsumen sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Kesan pertama yang bagus akan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada Anda. Untuk itu saya sarankan membuat kesan pertama yang menyentuh konsumen.

Ketika bertemu konsumen yang pertama kali membeli, layani mereka dengan tulus dan bersikap ramah-lah. Pada saat bertemu berikan ia senyuman dan pada saat Anda berbicara dengan konsumen ada baiknya dengan menatap matanya. Karena dengan begitu konsumen akan merasa dihargai.

Buat konsumen nyaman atas pelayanan Anda. Jangan memberikan harga yang terlalu tinggi pada konsumen pertama, kalau bisa seminimal mungkin, asalkan jangan sampai membuat Anda rugi.

Utamakan kejujuran, karena banyak sekarang pedagang-pedagang yang culas. Mereka berkata bahwa semua produknya bagus padahal setelah dibeli justru sangat mengecewakan. Jangan seperti itu, kalau konsumen merasa membeli pada orang yang jujur biasanya mereka akan datang lagi untuk membeli di lain waktu.

8. Tingkatkan Kualitas Pelayanan


Pelayanan yang buruk akan mengurangi kepercayaan konsumen. Dan jika kepercayaan itu luntur, maka otomatis penjualan produk juga akan menurun. Itulah betapa pentingnya kepercayaan konsumen bagi intensitas penjualan.

Utamakan kepuasan konsumen. Pada saat melayani konsumen jangan bersikap acuh, cobalah untuk menjadi akrab dengan konsumen. Jika perlu jadikan mereka teman Anda. Karena pada umumnya seseorang akan cenderung meminta bantuan pada temannya dibandingkan dengan orang lain.

Ketika Anda di anggap sebagai teman oleh konsumen, maka bukan tidak mungkin mereka akan meminta rekomendasi kepada Anda terkait apa yang ingin dibelinya. Dan pada saat itulah Anda mempromosikan produk Anda.

9. Buatlah Slogan Dan Logo Yang Mudah Di Ingat

Slogan dan logo juga penting dalam penjualan. Pasalnya jika produk Anda memberikan sesuatu yang unik seperti logo atau slogan, orang akan tertarik untuk membeli produk Anda. Unik yang dimaksudkan di sini dalam artian tidak pernah di temukan sebelumnya, dan Anda-lah sebagai penemunya.

Slogan dan logo yang baik akan membuat orang lain mudah mengingat nama produk Anda. Dan akhirnya lama-kelamaan akan mencari dan membeli produk Anda.

Buatlah logo dan slogan yang ketika konsumen menemukannya, mereka langsung penasaran dan langsung membeli produk Anda.

10. Jadilah Anggota Perkumpulan Bisnis Di Dunia

Penjualan juga dapat meningkat dengan faktor jaringan. Jaringan yang luas akan menciptakan suatu bisnis penjualan yang menguntungkan. 

Maka dari itu, penting sekali untuk  memperluas jaringan bisnis Anda dengan ikut bergabung dan menjadi anggota perkumpulan bisnis dunia. Bisa juga bergabung dengan komunitas-komunitas yang bidangnya berkaitan dengan produk Anda.

Atau dengan mengikuti seminar-seminar kewirausahaan yang banyak dilaksanakan. Ataukah dengan mengikuti chanel youtube pengusaha-pengusaha sukses lainnya.


Baca Juga:

10 Cara Membangun Networking Dalam Bisnis

Tes Kepribadian Mental dan Kelayakan Untuk Sukses

0 Response to 10 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Produk Hingga 99%

Posting Komentar