7 Cara Amazing Mudah Bergaul Dengan Semua Orang


cara mudah bergaul

Kebanyakan netizen seringkali mencari artikel tentang bagaimana cara mudah bergaul bagi orang pendiam. Untuk orang-orang yang tergolong introvert mungkin sering merasakan yang namanya kesulitan dalam bergaul. Golongan orang introvert cenderung menutup diri dari masyarakat.

Ada beberapa penyebab mengapa orang sulit bergaul diantaranya yaitu kurangnya percaya diri, rendah diri, fobia sosial, lingkungan yang tertutup, gangguan emosional, dan karena kebiasaan yang terlanjur tertanam dalam pikiran bawah sadar. Untuk itu pentingnya mengetahu cara mudah bergaul.

Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa diubah. Asalkan ada kemauan dan tekad yang kuat untuk berubah pasti bisa. Berikut tips agar mudah bergaul yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Buatlah pertanyaan terbuka pada semua orang

     Orang biasanya akan sangat tertarik jika membicarakan tentang diri mereka sendiri. Temukanlah topik yang membuat orang lain jadi tertarik dan membuat orang lain senang berbincang dengan Anda. Dan usahakan memberi pertanyaan yang jawabannya lebih dari sekadar ya atau tidak.

Pancing lawan bicara Anda untuk menceritakan tentang dirinya. Misalkan dengan menanyakan  berupa pengalaman menarik atau hal-hal yang lucu.

Apabila Anda baru pertama kali bertemu bisa diawali dengan menanyakan hal-hal yang mendasar seperti daerah asalnya, tempat tinggalnya, pekerjaannya, atau tentang keluarganya. Jangan tanyakan pertanyaan yang membuat orang lain tersinggung.

Apapun jawaban yang Anda dapatkan pastikan untuk meresponnya dengan baik. Anda harus bisa jadi pendengar yang baik. dengarkan yang orang lain sampaikan lalu beri respon yang tidak membuat lawan bicara Anda bosan.

Begitulah seterusnya sampai lawan bicara Anda merasa benar-benar nyaman berbicang dengan Anda.

2. Pikirkan cara Anda merasa dan bertindak di sekitar orang yang Anda kenal

Metode yang dilakukan adalah dengan mensugesti diri ketika bertemu orang baru seakan-akan Anda berada di antara orang yang sangat akrab dengan Anda sehingga akan memunculkan sikap spontan dan menghilangkan rasa malu.
   
Mungkin di kondisi seperti itu Anda bisa berbicara apapun tanpa harus malu-malu. Bisa melakukan hal-hal yang konyol dan tidak masuk akal. Apapun yang Anda lakukan berdasarkan kemauan sendiri yang membuat Anda merasa nyaman.

Dan ketika Anda telah dalam kondisi seperti itu, coba alihkan perasaan itu ketika Anda bertemu kenalan baru, begitu pula dalam situasi yang membuat rasa percaya diri Anda memudar.


3. Hindari terlalu memikirkan diri Anda sendiri

 Jangan sampai seluruh fokus Anda tercurah pada kata-kata sendiri dan perasaan Anda, selanjutnya Anda pasti akan merasa gugup sendiri.

Ingat-ingat apa yang diucapkan orang lain , dengarkan apa yang mereka perbincangkan, bayangkan di mana mereka tinggal, buat sebuah garis besar dan ingat-ingat nama mereka.

Hindari pertanyaan yang berulang, jangan tanyakan hal yang sudah Anda tanyakan sebelumnya. Karena itu akan membuat orang lain merasa diabaikan. Maka dari itu sangat penting untuk memberikan respon yang baik pada lawan bicara Anda.

4. Nikmati waktu Anda

Hindari mengatakan hal-hal tanpa berpikir dahulu. Ajukan pertanyaan, dan jika mendapat pertanyaan, anda dapat mempertimbangkan jawaban terlebih dahulu sebagai tanggapan anda, jangan asal menjawab tanpa berpikir.

Jawaban yang dikeluarkan secara perlahan adalah cara untuk bersikap santai.

Nikmati setiap detik waktu Anda bersama lawan bicara.

Ketika bertemu dengan orang - orang baru usahakan agar berlama-lama melakukan perbincangan. Semakin lama Anda berbincang semakin bagus. Kalau perlu tentukan lama waktu minimal Anda berbincang. Dan usahakan untuk selalu antusias pada apa yang dibicarakan. 

Pastikan Anda menatap mata lawan bicara ketika berbincang. Karena dengan menatap matanya berarti mencerminkan ketulusan pada saat berbincang.

5. Berhentilah percaya pada imajinasi anda

Pernahkah Anda membayangkan sesuatu yang diceritakan orang lain misalnya membayangkan suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Tetapi menurut cerita orang lain,  tempat tersebut adalah tempat yang sangat indah dan menarik.

Namun pada realitanya sangat jauh berbeda dengan apa yang Anda bayangkan. Ketika Anda datang ke tempat tersebut justru banyak sampah berserakan, banyak orang-orang jahat, dan banyak coretan-coretan anak nakal di dinding. Dan bisa dikatakan bahwa tempat tersebut jauh dari kata indah.

Itulah salah satu bukti sangat tidak baik apabila terlalu percaya pada imajinasi. Karena terkadang imajinasi tak sesuai realita. Jadi mulai sekarang jangan terlalu mempercayai imainasi dan berhentilah memikirkan apa yang dipikirkan orang lain.

6. Berhentilah memikirkan “ segalanya atau bukan apa-apa” 

 Pada saat emosi Anda akan berpikir “pasti begini atau pasti begitu” . orang yang sedang marah, depresi, dan gelisah melihat kenyataan dari hal-hal ini dengan perbedaan yang ekstrem.

Bagi orang yang sedang marah ”Anda salah “ dan ”Mereka benar”. Orang yang marah akan melihat dirinya “gagal” sedangkan yang lain berhasil.

Jadi sangat disarankan untuk membuang pikiran negatif yang menyelimuti apa yang ada di kepala Anda.

7. Latihan menggunakan hipnotis

Hipnotis adalah cara terbaik untuk mengubah tanggapan emosi Anda dalam berbagai situasi. Hanya pikirkan bahwa pikiran dan tubuh anda dalam keadaan rilek sewaktu bertemu orang baru.

Sebenarnya, sewaktu anda merasa santai seringkali anda akan menemukan saat yang tepat untuk menerapkan hipnotis agar merasa lebih percaya diri saat bertemu dengan orang-orang baru.

Dan tentu saja pada titik ini rasa malu anda akan tersingkir dengan sendirinya. Namun diperlukan ketekunan yang kuat dalam menerapkannya terutama bagi Anda yang tingkat pemalunya di atas rata-rata.

Tetapi jangan khawatir karena selama Anda mempunyai kemauan yang kuat maka bukan tidak mungkin Anda bisa menggapainya.

0 Response to 7 Cara Amazing Mudah Bergaul Dengan Semua Orang

Posting Komentar